Minggu, 06 Maret 2016

6 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Anemia

Penyebab Anemia
Anemia, biasa juga kita sebut dengan istilah kurang darah. Seseorang yang mengalami anemia biasanya akan diketahui dengan tanda berupa mudah merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal. Tidak hanya menyebabkan mudah lelah, namun anemia juga bisa menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan.
Anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
1. Kekurangan zat besi
Ketika seseorang kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, maka ini bisa menyebabkan anemia.
2. Kekurangan vitamin

Untuk membuat sel darah merah, maka tubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat. Selain karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut, beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapacontoh makanan yang banyak mengandung asam folat yaitu sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta.
2. Banyak kehilangan darah
Kehilangan darah merupakan salah satu peyebab dari anemia. Menstruasi dalam jumlah yang banyak, ulkus, kecelakaan atau pembedahan dapat menyebabkan hilangnya darah.
3. Keadaan Aplastik Anemia
Aplastik anemia adalah suatu kondisi dimana terjadi kelainan sehingga sum-sum tulang tidak memproduksi sel darah yang cukup. Penyebabnya bisa berbagai macam seperti radiasi dalam dosis tinggi, beberapa bahan kimia, virus, dan penyakit auto-immune dimana menyebabkan tubuh menyerang tubuh sendiri, serta beberapa kasus dapat diturunkan.
4. Penyakit Kronis
Beberapa jenis penyakit kronis dan infeksi bisa menyebabkan tubuh seseorang memproduksi sel darah merah lebih sedikit. Keadaan ini bisa menurunkan kadar hemoglobin yang pada akhirnya akan menyebabkan anemia.
6. Beberapa penyakit
Beberapa penyakit yang diturunkan seperti talsemia dan hemolytic anemia dapat menyebabkan gangguan dalam produksi sel darah merah. Penyakit seperti Sickle Cell Anenia dimana terjadi produksi sel darah merah yang bentuknya abnormal juga dapat menyebabkan anemia.
SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar